Selasa, 22 Mei 2012

ASI dlm pandangan islam


2. ASI Dalam Tinjauan Islam Dr. Ariani, Konselor Menyusui
3. ASI dalam Al-Qur’an ASI jaminan rizki untuk setiap bayi ” Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)”. (Q.S Huud [11]: 6).
4. ASI dalam Al-Qur’an Tuntunan Allah untuk ayah dan ibu “ Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf……” (Al-Baqarah [2]: 233)

5. ASI dalam Al-Qur’an Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya . Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Al-Baqarah [2]: 233)
6. ASI dalam Al-Qur’an Dalam Keadaan Darurat hak bayi tetap dilindungi “ Dan jika mereka (isteri-isteri yang sudah ditalaq) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka nafkahnya hingga mereka bersalin, kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak)mu untukmu maka berikanlah kepada mereka upahnya, dan musyawarahkanlah di antara kamu (segala sesuatu) dengan baik; dan jika kamu menemui kesulitan maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya .” (Q.S At Thalaq:6)
7. ASI dalam Al-Qur’an “ Dan Kami Ihamkan kepada ibunya Musa , “Susuilah Dia (Musa),…” (Q.S. Al-Qashash: 7). “ Dan Kami cegah dia (Musa) menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusuinya (Q.S. Al-Qashash : 12
8. ASI dalam Al-Qur’an Mempengaruhi status Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang perempuan[281]; saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan; saudara-saudara ibumu yang perempuan; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan; ibu-ibumu yang menyusui kamu; saudara perempuan sepersusuan;…. ( Q.S. An-Nisaa’:23) )
9. ASI dalam Al-Qur’an Nikmat yang akan dimintai pertanggungjawaban Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Q.S. Ar-rahmaan)
10. ASI dalam Al-Qur’an Kapan seorang ibu bisa lalai ? Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya. (Q.S Al-Hajj:1-2)
11. ASI dalam Al-Qur’an Investasi Dunia Akhirat ” Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu .” (Q.S. Luqman :14)
12. ASI dalam Al-Qur’an Hendaklah Diniatkan Ibadah Amru bin Abdullah, seorang sahabat Rasulullah, pernah berkata kepada istri yang menyusui bayinya : “ Janganlah engkau menyusui anakmu seperti hewan yang menyusui anaknya karena didorong kasih sayangnya kepada anak. Akan tetapi susuilah dengan niat mengharap pahala dari Allah dan agar ia hidup melalui susuanmu itu. Mudah-mudahan ia kelak akan bertauhid kepada Allah Subhanahuwata’ala.”
13. ASI dalam Hadist dan Kisah Sahabat Nabi Kisah Wanita pezina (HR. Muslim. Kitabul Hudud, no.3208). Diwajibkannya menyusui dari lahir-selesai masa penyusuan di zaman Umar Bin Khattab Ibu Susu Hasan Al-Bashri
14. Kesimpulan ASI Investasi di dunia sekaligus deposito di akhirat
15. HATUR NUHUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar